Transmisi Data

0 comments


Transmisi Data/Ditigal terjadi di antara pemancar dan penerima melalui media transmisi. Terdapat dua buah media transmisi: media transmisi terkendali (guided media transmition) dan media transmisi tidak terkendali (unguided media transmition). Media terkendali adalah media yang menyalurkan gelombang transmisi melalui jalur fisik. Contoh media terkendali adalah kabel twisted pair, kabel coaxial, atau kabel fiber optic. Media tidak terkendali, atau yang biasa disebut media nirkabel, adalah media yang menyediakan perantara untuk menyalurkan gelombang elektromagnetik. Contoh media nirkabel adalah WiFi, propagansi melalui udara, atau propagansi melalui ruang fakum.
Terdapat tiga macam transmisi berdasarkan aliran datanya. Transmisi simplex adalah transmisi yang mengirim sinyal hanya secara satu arah. Satu pemancar dapat diterima oleh beberapa penerima data. Transmisi half-duplex merupakan transmisi yang memungkinkan kedua pemancar mengirimkan sinyal sekaligus, namun hanya satu dalam satu waktu. Transmisi full-duplex merupakan transmisi dua arah. Baik pemancar ataupun penerima dapat mengirimkan sinyal secara simultan.

Sebuah jaringan dapat juga dibedakan berdasarkan metode transmisi data yang digunakan dalam proses pengiriman data. Secara umum metode transmisi data yang sering digunakan dibagi menjadi 2 yaitu Baseband dan Broadband.



Transmisi baseband

Transmisi baseband (baseband transmission) adalah jenis transmisi data digital yang setiap media (kawat) hanya membawa satu sinyal, atau kanal, pada satu waktu. Sebagian besar komunikasi yang melibatkan komputer menggunakan transmisi baseband. Termasuk di dalamnya, komunikasi dari komputer ke piranti (printer, monitor, dan sebagainya), komunikasi melalui modem, dan sebagian besar jaringan, kecuali jaringan B-ISDN networks yang menggunakan transmisi broadband.
                Keuntungan dari sistem ini adalah:
-  Biayanya murah, karena dalam sistem ini tidak diperlukan modem.
-  Bentuk topologinya sederhana.
-  Mudah dalam instalasi dan maintenance.
Kekurangan dari sistem ini adalah:
            -  Kapasitas pengiriman data sangat terbatas karena hanya terdapat satu lintasan data,sehinggan menyebabkan hanya ada satu pasang komputer yang dapat berkomunikasi pada saat waktu yang bersamaan,
            -  Jarak pengiriman sinyal listriknya terbatas.
            -  Untuk area yang luas diperlukan biaya instalasi yang banyak atau mahal.
                - sambungan kabel ground agak sukar

Transmisi Broadband

Transmisi broadband (broadband transmission) adalah jenis transmisi data di mana setiap media (kawat) dapat membawa beberapa kanal sekaligus. TV kabel, sebagai contoh, menggunakan transmisi broadband.
Keuntungan dari metode ini adalah:
- Kapasitas pengiriman data yang tinggi karena memiliki beberapa sinyal transmisi.
- Sistem broadband nonkabel wilayah jangkauannya lebih luas dan biaya lebih murah.
Kerugian dari metode ini adalah:
            - Waktu tunda perjalanan sinyal dua kali lebih lama.
            - Proses maintenance cukup sukar.
            - Biaya frekuensi yang mahal.

Related Post :

0 comments:

Notice me Senpai...

Salam GAMA Boy